Powered By Blogger

Friday, January 2, 2009

SEMANGAT, AYO BERSEMANGATLAH !!!!

Saya yakin Anda pernah menghadapi suatu masalah, baik itu masalah ringan, sedang bahkan sampai yang sangat berat sekalipun. Mungkin bagi sebagian Anda masalah tersebut sudah bisa ditangani dengan baik, namun ada juga yang malah mengalah dengan masalah tadi dengan berputus asa.

Sebenarnya putus asa bukanlah sebuah sikap, melainkan sebuah ekspresi seorang pecundang. Ya, seorang pecundang cenderung untuk menghindari kenyataan yang akan dihadirkan oleh masalah tersebut. Mereka akan menganggap masalahnya itu sebagai suatu halangan yang sungguh berat untuk dikalahkan. Mereka tidak menyadari bahwa dengan adanya masalah tersebut mereka bisa tumbuh lebih dewasa dalam menentukan pilihan hidup. Sebenarnya masalah yang mereka hadapi adalah akibat dari perbuatan mereka sendiri, namun mereka jarang menyadarinya.

Untuk dapat menyelesaikan masalah yang ada, mungkinkah ada keputusan bijak yang bisa diambil?. "Tentu ada" semua masalah dapat diputuskan jalan keluarnya dengan keputusan yang dewasa dan bijak. Keputusan yang bagaimanakah itu?, keputusan yang dewasa dan bijak itu adalah keputusan yang mampu mempertimbangkan baik-buruk, besar-kecilnya resiko yang akan muncul setelah adanya keputusan. Resiko sendiri akan membagi dirinya menjadi dua, pertama resiko yang muncul bagi dirinya, dan keduanya resiko yang akan muncul bagi oranglain. Nah, disinilah peranan pemikiran dewasa dan jernih dibutuhkan. Sebab, tanpa pemikiran yang dewasa dan jernih, dimungkinkan resiko yang akan diambil adalah resiko yang mengandung egoisme tinggi dan idealisme yang tinggi pula.

Semangat yang membara juga dibutuhkan agar keputusan yang diambil bisa menghasilkan keputusan yang bijak. Untuk memotivasi diri Anda dalam mengambil keputusan, bisa Anda lakukan dengan mempertimbangkan hal terburuk yang kelak dialami orang yang paling Anda sayangi. Hal ini terbukti ampuh untuk sedikit menghapuskan bahwa sebenarnya didalam diri Anda ada sifat egois yang tinggi. Jika Anda mempertimbangkan hal yang akan menimpa orang yang Anda sayangi pastilah Anda akan mempertimbangkannya secara rinci.

Kuncinya untuk dapat menangani semua masalah Anda punya suatu jalan kecil yang bisa Anda gunakan jika Anda merasa Anda lelah untuk mengatasinya, Yaitu dengan mempertimbangkan orang lain.


No comments:

Post a Comment