Powered By Blogger

Friday, January 30, 2009

CARA MENSTEM SENAR GITAR

Cara menstem gitar memang beragam dan memerlukan sebuah konsentrasi yang sempurna, disini saya akan mencoba untuk mengulasnya untuk anda.

Jangan tertawa, sebelum dan sesudah membaca posting saya kali ini, karena cara yang akan saya tulis ini berdasarkan pengalaman pribadi, jadi buat para senior saya dibidang musik, apabila ada kesalahan mohon kemaklumannya. hehehehehehe

Sebelum anda menstem senar gitar, alangkah baiknya jika anda memahami dulu dasar-dasar gitar diantaranya:
1. Susunan senar gitar (lazimnya senar gitar mempunyai anggota 6 helai)
2. Nada yang dimiliki oleh masing-masing senar.
3. Anda tahu tentang tangga nada.

Mungkin prasyarat yang saat ini anda butuhkan hanya 3 hal diatas saja. Selanjutnya adalah anda mengenal letak jatuhnya nada pada kolom gitar. Untuk hal ini tidak akan saya bahas dan kita langsung saja menuju ke bagaimana cara menstem gitar itu.

1. Pastikan senar yang akan anda stem ada 6 (enam) dan memiliki susunan yang benar.
2. Stem terlebih dahulu senar no.1 (tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kendor)stem senar ini hingga memiliki nada (E) tanpa ditekan (los).
3. Stem senar no. 2 dengan cara menekan senar no.2 di kolom 5 dan sesuaikan nadanya dengan senar no.1 tanpa ditekan (los) dan memiliki nada (E) jika belum sama, maka jangan berpindah ke senar lainnya, teruslah stem hingga senar no.2 benar-benar memiliki nada yang sama dengan senar no.1.
4. Stem senar no.3 dengan cara menekan senar no.3 dikolom 4, samakan nadanya dengan nada senar no.2 tanpa ditekan (los) yang memiliki nada (B).
5. Stem senar no.4 dengan cara menekan senar no.4 dikolom 5, samakan nadanya dengan nada senar no.3 tanpa ditekan (los) yang memiliki nada (G).
6. Stem senar no.5 dengan cara menekan senar no.5 dikolom 5, samakan nadanya dengan nada senar no.4 tanpa ditekan (los) yang memiliki nada (D).
7. Stem senar no.6 dengan cara menekan senar no.6 dikolom 6, samakan nadanya dengan nada senar no.5 tanpa ditekan (los) yang memiliki nada (A).

Kemudian mainkanlah beberapa kunci untuk mengecek kesempurnaan stem anda tersebut, jika masih terdapat nada fals, maka jangan malas untuk mencoba mengulangi cara stem anda dari awal, mungkin senar-senar tersebut belum ter-stem dengan sempurna, SELAMAT MENCOBA!

3 comments:

  1. bro bgemana klo yang kyak gw taw maen gitar tpi ga taw nyetem . . . payah gw bro

    dri dulu pengen gw tanya senar satu ntu yang d atas apa yang d bawah

    ReplyDelete
  2. senar satu yang di bawah , saya juga baru belajar maen gitar cuman bisa genjreng genjreng doank tapi waktu fals eeeaaaa... bingung dah gw

    ReplyDelete
  3. stemannya itu yg standar kah,bisa main semua lagu kan?

    ReplyDelete