Powered By Blogger

Saturday, January 17, 2009

PENGARUH GAME TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK

Kemajuan Teknologi memang membawa banyak dampak, mulai dari dampak positif hingga dampak negatif. Jika kita jeli dalam menghitung-hitung berat timbangan antara positif dan negatif mungkin banyak positifnya, namun bagi sebagian orang ada juga yang menganggap bahwa lebih banyak negatifnya daripada dampak positif. Ya, memang dalam mempertimbangkan sesuatu tidak akan pernah lepas dari relatifitas, bagi sebagian orang dianggap baik belum tentu untuk sebagian lainnya.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat sudah kita rasakan semenjak dulu, mulai dari telephone kabel hingga wireless(nonkabel) dan dari sepeda ontel hingga sepeda motor. Begitu juga dengan dunia permainan anak-anak. Jika pada masa kecil saya permainan yang lazim ditemui adalah permainan yang bersifat outbond, karena dilakukan diluar rumah dan bersama-sama pula dengan teman. Tapi seiring dengan perkembangan, permainan anak-anak kini bisa berada didalam saku celana anda yang hanya berukuran kecil. Yah, anak-anak jaman sekarang sepertinya tidak akan pernah mengenal dengan permainan (gobag sodor, petak umpet, congkak, gundu, ular naga, kucing dan tikus, dll). Anak-anak dijaman sekarang justru lebih tertarik dengan permainan yang mengutamakan egoisme mereka. Dengan permainan yang cenderung dilakukan dirumah (Playstation, Game PC, dan game online) anak-anak akan jarang berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Kira-kira dampaknya apa yah?

Anak-anak yang jarang berinteraksi dengan lingkungan luar biasanya akan menganggap orang lain sebagai musuh, sebab dia tidak pernah berkomunikasi dengan teman-temannya. Dia akan bertingkah angkuh, dan "cuek" dengan keadaan sekitar.

Ciri-ciri dari anak korban game masa sekarang adalah :
1. Jarang berinteraksi dengan lingkungan sekitar, karena kesibukkannya bermain game sendirian dirumah.
2. Akan menganggap orang lain dibawah dirinya.

Dampak negatif yang bisa timbul karena terlalu lama main game adalah ;
1. Kesehatan melemah karena tubuh jarang mengeluarkan keringat dan kurangnya bergerak
2. Malas belajar (bagi anak sekolah)
3. Malas bekerja (bagi orang umum)
4. Ancaman stroke
5. Kerusakkan mata

Meskipun dampak negatif selalu mengintati, tetapi ada sisi positifnya pula antara lain :
1. Melatih gerak reflek yang cepat
2. Melatih ketekunan
3. Melatih kesabaran
4. Melatih mengatur strategi
5. Untuk rekreasi yang sederhana


Sekian dari saya, semoga postingan ini ada manfaat!!!

1 comment: