Powered By Blogger

Saturday, January 10, 2009

BELAJAR YANG BAIK

Sebentar lagi bwt adek2 ku yang masih duduk dibangku sekolah bakalan ketemu ama temen aku yang bernama UASBN, ia anaknya simpel sih cuman terlalu banyak nanya, semua pelajaran dari kelas satu sampe tingkat terakhir sering ia tanyakan. Duhhhh, bosen gak sih?, pastinya! tapi dengan pertanyaan2 yang ia tanyakan kekita, kita bisa menyandang status LULUS atau TIDAK LULUS. Ya dia emang cerewet tapi dia juga menentukan masa depan kita, mangkanya adek2 semua musti pada jujur kalo ditanya ma temen ku yang satu ini.

Nah untuk bisa menjawab dengan jujur, apa yang ditanyakan oleh UASBN, adek2 semua musti rajin belajar. Aku dulu pernah dapat pengalaman belajar yang kira2 bisa nyantol di OTAK, mo tw caranya simak aza yang berikut ini yah :

Saat belajar tujuan utamanya adalah faham, bukan sekedar tahu. Dengan faham semua pertanyaan yang kiranya akan muncul sudah ada bayang-bayangnya diotak kita. Anda tidak perlu merasa malas saat akan belajar. Jika anda merasa malas cobalah tips berikut ini semoga membantu :

1. Jika rasa malas hadir setelah anda melihat tumpukkan buku-buku pelajaran yang tinggi menjulang, coba bayangkan dan pikirkan bahwa itu bukanlah tumpukkan buku, melainkan tumpukan roti kesukaan anda.

2. Jika rasa malas hadir setelah anda duduk dan mulai membuka lembar perlembar buku pelajaran yang berisikan coretan yang tak layak disebut tulisan melainkan karya corak-carik ayam ditanah, bayangkanlah itu adalah tulisan terindah dari kekasih anda yang berisikan sajak terindah yang pernah anda baca, bahkan lebih indah dari sonetanya w.shakespear.

Jika anda telah berhasil mengalahkan rasa malas berarti anda memang tipe orang yang cerdas. Nah setelah rasa malas hilang biasanya saat belajar akan timbul rasa bosan membaca, coba saja buku yang segitu tebalnya harus anda pelajari bosan gak sih? pastinya!, nah untuk mengusir rasa bosan anda bisa mencoba tips berikut ini :

1. Rasa bosan timbul setelah anda muak dengan sesuatu, misalkan anda sudah bosan belajar matematika, lipatlah halaman terakhir yang anda baca pada buku matematika (walaupun melipat halaman buku bukanlah sifat terpuji apalagi itu buku perputakaan, tapi apa salahnya dilakukan, dan apabila itu dirasa tidak mungkin anda bisa menyelipkan selembar kertas tak berguna dihalaman itu, fungsinya sebagai tanda bahwa anda telah sampai pada pembahasan yang itu).

2. Jika langkah 1 sudah anda lakukan, sekarang anda coba berdiri, ulurkan kedua tangan keatas, tarik ke belakang, kemudian tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan, terus cobalah untuk keluar sejenak dari ruang belajar anda. Rasakan sekeliling anda, perhatikan ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, kamar kakak/ adek, kamar ortu (tapi jangan sampai masuk lho ya,heheheh), dapur, kamar mandi, dan terakhir wc. Sekarang apakah anda menemukan tempat ternyaman untuk belajar?, "tidak ada pastinya" selain kamar anda dan meja belajar anda, kayaknya dirumah anda tidak ada lagi tempat yang lebih nyaman selain tempat belajar anda!. Yakin, kembalilah ketempat belajar anda!

3. Karena tadi anda sudah bosan dengan membaca buku pelajaran matematika, apa salahnya anda coba membaca buku biologi, atau geografi, bacalah secara seksama, kalau bisa untuk pelajaran sejarah alangkah baiknya anda pelajari setelah anda mempelajari semua pelajaran normatif dan adaptif.

4. Masih bosan juga, berhentilah dan pergilah nonton tv, atau apalah selain kegiatan belajar yang sekiranya membuat hati anda senang.

Rasa bosan biasanya hilang saat dibawa bermain, main apa ajalah yang penting jangan main api!.

Setelah anda belajar begitu lama, sekarang coba buat rangkuman kecil yah kira-kira bisa ditaruh disaku celana atau baju anda (bukan untuk nyontek lho ya!, tapi agar bisa anda baca kapan saja anda butuhkan, bahkan saat anda di wc sekalipun).

Jika rangkuman telah anda buat, sekarang coba cari soal-soal pelajaran dari buku yang baru saja anda pelajari ataupun dari buku lain, pokoknya yang berisi soal-soal yang belum pernah dibahas dikelas. Coba anda kerjakan dengan sungguh-sungguh anggaplah anda sedang ulangan dikelas, jika sudah selesai coba minta bantuan kakak atau ortu untuk mengoreksi hasil kerjaan anda dengan memberikan kunci jawaban dari lks yang anda kerjakan. Tapi usahakan saat mengerjakannya jangan menengok sedikitpun ke kunci jawaban.

Nah, semoga gurauan diatas bisa menjadi inspirasi buat adek-adek yang akan menghadapi UASBN, do'a dan dukungan dari kakak disini insyaallah menyertai adek-adek semua, satu pesan kakak, COBALAH UNTUK MENJADI ORANG YANG JUJUR, JANGAN BOHONGI DIRIMU SENDIRI JIKA KAMU TIDAK INGIN DIBOHONGI!!!


No comments:

Post a Comment