Powered By Blogger

Wednesday, February 4, 2009

Auto Revert

Auto revert adalah aplikasi yang dapat membantu mengembalikan kondisi sistem operasi yang terinstalasi data didalamnya kembali seperti kondisi semula meskipun seting sudah diubah atau bahkan dihapus.

auto revert bekerja dengan prinsip pembuatan backup dari sebuah partisi harddisk. Data beserta aplikasi didalamnya akan di"copy" sebagai image. Image tersebut sewaktu-waktu dapat di"copy"kan lagi seluruhnya ke dalam partisi awalnya.

salah satu aplikasi auto revert yang cukup populer adalah SYSTEM RESTORE yang merupakan bagian dari SO Windows ME dan Windows XP. System Restore bekerja dengan membuat backup image dari folder Program File dan Folder Windows. Jika ada kerusakkan cukup parah dan dibutuhkan proses revert System Restore dapat mengembalikan kondisi aplikasi2 yang rusak parah tadi.

System Restore secara berkala melakukan backup pada sistem operasi windows beserta aplikasinya. Tetapi System Restore tidak membuat backup dari document folder dan data2 lain diluar partisi tempat windows terinstalasi. Selain System Restore, aplikasi auto revert yang lain umumnya dapat dijumpai dengan mudah dipasaran.

Beberapa yang cukup populer adalah Deepfreeze dan GoBack. Kedua aplikasi ini bekerja dengan prinsip dasar seperti System Restore namun dengan tambahan fitur perbaikkan pada kerusakkan System Restore.DEEPFREEZE dan GoBack bekerja dengan cara membackup suatu partisi menjadi image. Seorang Administrator dapat dengan mudah menentukan partisi atau drive yang akan dibackup.

Kelebihan dari dua aplikasi ini adalah kemampuan mendeteksi adanya perubahan pada partisi yang sudah ditentukan tadi. Jika perubahan terdeteksi maka aplikasi ini akan secara otomatis mengembalikan kondisi partisi seperti kondisi backup imagenya.

DEEPFREEZE dan GoBack dapat melakukan proses revert setiap kali komputer melakukan restart. Selain itu, DEEPFREEZE dan GoBack dilengkapi dengan proteksi password dan perlindungan terhadap folder backup image tidak disimpan pada komputer lokal tetapi pada suatu server dalam jaringan sehingga dapat menyeragamkan setting dan aplikasi yang terinstal pada workstation.

Dengan adanya aplikasi auto revert ini Administrator tidak perlu menginstalasi aplikasi2 yang terhapus pada komputer klien/workstation.

No comments:

Post a Comment